Jadwal UKG Tahun 2015

Jadwal Uji Kompetisi Guru tahun 2015 yang akan dilaksanakan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada bulan Nopember tahun 2015. Uji kompetensi ini akan dilaksanakan cara online di sekolah yang telah memiliki fasilitas dan offline bagi kabupaten yang belum siap.

UKG dilaksanakan dalam rangka pemetaan kompetensi pedagogik dan profesional guru sesuai bidang atau mata pelajaran yang diampu. Uji kompetensi akan diikuti oleh 3.015.315 guru. UKG tahun ini juga dalam rangka pemenuhan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kemendikbud, yaitu rata-rata kompetensi guru pada tahun 2019 mencapai angka delapan (8,00).

Pada tahun 2012 lalu, Kemendikbud telah melaksanakan UKG secara online dan offline bagi guru dan Kepala Sekolah. Dari hasil UKG tersebut menunjukkan nilai rata-rata UKG sebesar 4,7. Melalui surat edaran Direktorat GTK Kemendikbud bernomor 2825/B/PR/2015, pihaknya meminta Kepala Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota memotivasi para guru untuk meningkatkan kompetensinya.

Untuk menunjang pelaksanaan UKG tahun 2015, Dinas pendidikan diminta untuk membantu persiapan pelaksanaannya, yaitu sosialisasi pelaksanaan UKG tahun 2015 kepada guru dan menyiapkan Tempat Uji Kompetensi (TUK). Persiapan UKG secara Nasional akan dikoordinasikan oleh Direktorat GTK Kemendikbud sekitar bulan September tahun 2015.

Share this:

1 komentar